26 Desember 2016

Cara Hapus dan Isi Game PS2 ke Flashdisk/Hardisk External

Rizal Mamen Blog - Sudah lama ya saya tidak posting artikel baru di blog ini. Bahkan blog ini hampir tidak terurus. hehe..
Pada artikel ini saya akan membahas tentang Cara Hapus dan Isi Game PS2 ke Flashdisk/Hardisk External. Jadi bagi yang malas isi game di toko-toko game bisa isi game sendiri di rumah. Asalkan punya komputer/laptop ya, caranya mudah kok.

Pertama yang harus disiapkan adalah File ISO dari game yang akan diisi ke Flashdisk/Hardisk External. Jika belum ada file ISOnya bisa di copy dari DVD game (kaset PS2). Baca Cara Mengcopy File ISO Dari DVD Game/Kaset Ps2. Atau kamu bisa juga menggunakan DVD game/kaset PS2 tanpa harus mengcopy file ISOnya.

Ada 2 hal yang akan kita bahas dalam artikel ini :
1. Cara Menghapus Game PS2 di Flashdisk/Hardisk External
2. Cara Mengisi Game PS2 ke Flashdisk/Hardisk External

Software yang dibutuhkan adalah USBUtil v2.00 dan Auslogics DiskDefrag, bisa kamu download disini. Download dan install kedua software tersebut.

1. Cara Menghapus Game di Flashdisk/Hardisk External.
    Bagi kamu yang Flashdisk/Hardisk Extrenalnya penuh alias tidak ada ruang kosong untuk game yang baru, bisa menghapus 1 atau beberapa game yang jarang kamu mainkan sampai ada ruang yang cukup untuk mengisi game yang baru.

Langkah-langkah :
Hubungkan Flashdisk/Hardisk External ke Laptop atau Komputer.
Setelah kamu download dan install USBUtil v2.00 jalankan softwarenya. Tampilan awalnya seperti ini, kemudian klik Close.
Selanjutnya klik File => Open game list <ul.cfg>
Pada kolom Directory, cari lokasi Flashdisk/Hardisk External => klik ul.cfg => Load seperti gambar dibawah
Maka akan muncul daftar game yang ada di Flashdisk/Hardisk kamu. Seperti Gambar dibawah.
Keterangan :
Lingkaran kuning untuk menghapus game.
Lingkaran merah menunjukkan ruang kosong yang tersedia.


2. Cara Mengisi Game ke PS2 ke Flashdisk/Hardisk External
    Setelah tersedia ruang kosong untuk game yang baru, kita bisa langsung mengisi game ke Flashdisk/Hardisk External. Software yang digunakan masih sama.

Untuk mengisi game ada 2 cara :
a. Mengisi dengan menggunakan file ISO game
b. Mengisi dengan menggunakan DVD game/kaset PS2

a. Mengisi dengan menggunakan file ISO game
    Kamu harus memiliki file ISO game yang akan diisi di laptop atau komputer.

Langkah-langkah :
Hubungkan Flashdisk/Hardisk External ke Laptop atau Komputer.
Klik File => Create game from ISO
Kotak Kuning, cari folder tempat menyimpan file  ISO yang ada di laptop atau komputer kamu.
Kotak Merah, pilih lokasi untuk mengisi game (Flashdisk/Hardisk)
Kotak Oranye adalah file ISO yang ada di laptop saya. Pilih game yang akan diisi, kemudian klik Create
(pada gambar diatas saya mengisi game Cool Shoot ke Flashdisk)
Kemudian tunggu hingga prosesnya selesai.

b. Mengisi dengan menggunakan DVD game/kaset PS2
    Untuk cara yang ini, terlebih dahulu kamu harus memasukkan DVD game/kaset PS2 ke CD Drive laptop atau komputer. Pada gambar dibawah DVD RW Drive (F:) adalah kaset Go Diego Go: Safari Rescue.
Setelah itu klik File => Create [GAME/ISO] from CD/DVD
Jika muncul peringatan seperti dibawah, klik Close
Pada kotak warna kuning, pilih lokasi pengisian game (Flashdisk/Hardisk External)
Pada kotak warna merah, isi nama game. Kemudian klik Create
Tunggu hingga prosesnya selesai.
Game sudah berhasil diisi ke Flashdisk/Hardisk External. Klik Sort untuk mengurutkan judul game sesuai abjad.

Sampai disini kamu sudah berhasil mengisi game ke Flashdisk/Hardisk External. Namun prosesnya masih belum selesai. Masih ada 1 langkah lagi yaitu mengecek game yang baru diisi crash/terjadi kerusakan apa tidak. Cara mengeceknya dengan menggunakan software Auslogics DiskDefrag. Download dan intall softwarenya.

Langkah-langkah :
Buka software Auslogics DiskDefrag, klik kanan pada Drive Flashdisk/Hardisk External => Analyze
Pada gambar di bawah ini kebetulan Flashdisk saya bersih, jadi warnanya hijau semua setelah di analyze
Kemudian saya juga meng-analyze pada drive (E:), hanya untuk menjelaskan kepada kamu caranya. Pada drive (E:) terdapat 13 fragmented file (kerusakan) yang berwarna merah.
Kemudian klik pada Tab Files (E:), klik kanan pada salah satu file => Select all seperti gambar dibawah. 
Klik kanan => Defrag Selected
Tunggu sampai prosesnya selesai.

Semua proses sudah selesai. Kamu bisa mencoba game yang baru diisi ke Flashdisk/Hardisk External.
Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi pembaca. Jika butuh bantuan jangan sungkan memberi komentar.

163 komentar:

  1. Cara memasang apk USBUtil di laptop,caranya gimana bang,?
    Saya udh download,sizenya 700 kb

    BalasHapus
    Balasan
    1. sizenya lbh dari 700 kb seingat saya.
      Download disini aja, gk perlu install tinggal buka aja

      https://doc-00-b0-docs.googleusercontent.com/docs/securesc/ha0ro937gcuc7l7deffksulhg5h7mbp1/reqaj3qtjbr37thnalk94v4eahftg503/1496217600000/18218695568709152357/*/0B5x7U3TohxJWVzFDX1A0blhCWU0?e=download

      Hapus
  2. Tempat download file game ISO nya di mana bang..

    BalasHapus
  3. gan ko merah merahnya masih ada saat sudah di deffrag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 2 kemungkinan..
      1. belum semua file di defrag jadi masih ada yg merah
      2. Terlalu banyak game, kurang tersedia ruang kosong. Terkadang kalo Flashdisk/Harddisk terlalu pernuh tidak bisa di defrag (sudah di defrag tapi tetap ada yg merah). Jadi solusinya hapus 1 atau beberapa game. Kemudian coba defrag ulang..

      Hapus
  4. Gan pes 2017 dan fifa 17 udh Ga ada ya dips2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo PES 2017 ane punya gan. Kalo FIFA 2017 ane kurang tau gan..

      Hapus
    2. Pes 2017 nya baru semua apa cuma pemainnya aja? Bagi gan . Minta kontak sekalian

      Hapus
    3. klo soal baru semua atau cuma pemainnya aja ygbaru ane gk tau gak tau gan,, soalnya ane gk pernah main PES 2017. Adik ane yg main :D

      Hapus
  5. Bang kalau download gamenya dari mana?

    BalasHapus
  6. Bisa ga pakai hdd atau flashdisc baru yang masih kosong? Klo pake hdd yang sudah ada isi file lainnya apakah juga bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai HDD atau FD baru bisa.
      Pake yg lama juga bisa, asalkan ada ruang kosong untuk isi game baru..

      Hapus
  7. gan selain emuparadise ada tempat download game iso lagi ga
    yang update game nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 website terbesar utk download game ps2 adalah emuparadise dan cool room.
      Yg ane tau game ps2 uda lama gk d produksi lagi gan.

      Klo ada game yg mw ente cari, coba cari di google gan. Mana tau ada..

      Hapus
  8. Gan, mau tanya, ada yang bilang kalo mau hapus game iso-nya di HD, mesti re-install ulang HD, baru setelah itu isi lagi sama game-nya. Bener kaga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk perlu re-intall HD gan. Ane selama ini setiap hapus game trus isi game baru aman aman aja gan..

      Hapus
    2. Sippp, ane coba nti, terima kasih gan

      Hapus
    3. Sama-sama gan. Terima kasih juga sudah berkunjung.

      Hapus
  9. gan ane punya game ps 2 di hardisk terus ane salin ke hardisk satunya tapi kok gak muncul gamenya ya? apa ada cara tersendiri gitu? hehe dari pada ke toko game yakan coba coba sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Folder yg ada di HHD seperti OPL, system, THM, VCM dan lain-lain juga harus disalin ke HDD yg baru gan. Kalo gk disalain game gk akan terbaca..

      Hapus
    2. udh gan tanpa terkecuali ane copas semua..pas masuk opl gak kebaca gamenya gmn tuh gan? begitu juga game yang dari flashdisk 16gb ane copas semua tp sama aja kyk hardisk..:(

      Hapus
    3. Pengalaman ente selama ini, copy dari HDD yg 1 ke HDD yg lainnya aman" aja gan. Begitu juga dgn Flashdisk. Tapi syarat utamanya, file yg di copy dari HDD hanya bisa di pastekan ke HDD. Dan file yg di copy dari Flashdisk hanya untuk flashdisk juga.

      Hapus
    4. Saya pakai FD gamenya gak masuk gan, padahl udah diformat fat32 tetep g bisa merknya toshiba warna putih 4gb mohon solusinya

      Hapus
    5. Kalo pakai flashdisk baru harus ada folder system gan. Copy aja dr flashdisk yg sudah pernah diisi game ps2. Kalo folder system di copy dari HDD ke flashdisk kayaknya gk bisa gan, tapi di coba aja dulu..

      Hapus
  10. Bang
    Pas lagi ane mau load mau apus game, kaga ada respon tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah mengalamai hal seperti itu, kemungkinan Hardisk atau Flashdisk agan gk terbaca, jadi gk ada respon apa-apa..

      Hapus
  11. Gan kalo langsung isi game tanpa usb util bisa ga?

    BalasHapus
  12. Gan ane beli hardisk baru, trus mau disi game tuh, gmana caranya??? Apa langsung copy aja semua yg di hdd lama ke yg baru???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya coba aja di copy semua file di hdd lama ke yg baru. Trus game2 yg di hdd baru hapus aja gan diisi game yg baru..

      Hapus
  13. Klo udah semua truss file mna yng di buka atau udah bntuk .exe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo semua file udah disalin ke hdd yg baru. Coba pasang hhd barunya ke ps gan. Gamenya trbaca ap gk..

      Klo gamenya trbaca brarti hdd udah bisa digunakan. Tinggal hapus game yg gk mau di buang aja menggunakan USBUtil.

      Hapus
  14. Gwe mau mainin di laptop gan gimna yh sush bner

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah, kalo mau main di laptop harus instal PCSX2 gan..

      Hapus
  15. Kata tukang ps gan kalo ngapus game gak bisa satu2 katanya harus di format tapi resiko nya hardisk nya gak bisa dimainin lagi bener gak tuh gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk bener tuh gan. Selama ini ane hapus game di Hardisk satu satu aman aman aja,,

      Hapus
  16. Bang,,kalau defragnya sudah selesai tapi masih ada yang warna merah itu berarti space hddnya kurang kah dan harus dilakukan delete game supaya hdd renggang.thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. klo sudah di defrag tapi masih ada yg merah, artinya HDD atau Flashdisk terlalu penuh jadi harus hapus beberapa game biar ada ruang kosong yg tidak terlalu kecil..

      Tips : Hapus 1 game dulu, kemudian coba defrag HHD. Jika sesudah di defrag masih ada yg merah, hapus 1 game lagi sampai bisa di defrag..

      Hapus
    2. saya gan udah defrag, memang udah gk ada lge warna merah nya, cuman pas saya selesai defrag, saya open game list dari usbutil, kenapa tiba" gk terbaca gan ? tiba" hilang game nya gan ? apa yg salah gan ? coba donk pencerahan nya .. ?

      Hapus
  17. Perbedaan restore space dengan delete apa ya gan? Apakah kalau delete tidak benar benar hapus game dgn bersih? Mohon jawabannya ya. Makasiiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Restore space? ane gk pernah denger tentang itu gan.

      Men-delete game terkadang tidak menghapus file game dengan bersih, tapi itu jarang terjadi gan. Biasanya itu terjadi pas kita lagi ngisi game baru ke HDD atau Flashdsik, proses pengisian game belum selesai( misal 50%) namun kita batalkan, hal itu bisa membuat file game tidak terhapus di HDD atau Flashdisk.

      Cara melihat file game yg tidak terhapus adalah buka daftar game dengan USBUtil, pada kolom Region_code coba agan cocokkan satu persatu kode game di USBUtil dengan kode game di HHD/Flashdisk. Jika ada kode game di HDD/Flashdisk tidak terdaftar di USBUtil, itu adalah file sampah game yg tidak terhapus bersih.

      Semoga mengerti dgn penjelasan diatas dan bermanfaat gan..

      Hapus
    2. oh begitu terima kasih. lalu bagaimana menghapus file sampah game yang tidak terhapus bersih?

      Hapus
    3. Sama sama gan.

      Seperti penjelasan diatas.
      Cara melihat file game yg tidak terhapus adalah buka daftar game dengan USBUtil, pada kolom Region_code coba agan cocokkan satu persatu kode game di USBUtil dengan kode game di HHD/Flashdisk. Jika ada kode game di HDD/Flashdisk tidak terdaftar di USBUtil, itu adalah file sampah game yg tidak terhapus bersih. Agan tinggal delete aja.

      (Admin)

      Hapus
  18. Apa perlu tambahan hardware di dalam ps2 nya, selain nambaih harddisk, trims gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane kurang paham pertanyaan ente.
      PS2 ente masih pake optik atau udah matrix?

      Hapus
  19. Gan udh beres disimpan di flash disk tpu tdak terbaca di ps2 nya gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flashdisk baru atau flashdisk yg udah ada gamenya game?

      Kalo pake flasdisk baru, coba dicek format Flashdisknya, Harus FAT32 gan.
      Caranya pasang Flashdisk ke kompuer atau laptop. pada drive Flashdisk klik kanan => properties.
      Pada kolom general lihat file systemnya apa? FAT32, NTFS atau exFAT

      Hapus
  20. kalo diisi dengan cara seperti itu bakalan kehilangan game sebelumnya gak???????

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak gan. game yg lama tetap masih ada jika tidak di hapus...

      Hapus
  21. gan mau nanya.. ane dowonload dari coolrom trus pas selesai create file isonya katanya error.. trus statusnya bad, itu kenapa yak? minta solusi dong gan please.. makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin judul game yg ente buat pas create file iso terlalu panjang gan.

      Ane pernah ngalami hal itu juga. Ane bingung kenapa selesai create file iso kok error, statusnya bad. ane perhatikan judul game yg ane buat terlalu panjang (Guitar Hero Encore: Rocks the '80s). Jadi ane hapus game tersebut dan ane create file isonya lagi dengan nama agak disingkat. Hasilnya status game OK dan tidak ada error lagi.

      Hapus
  22. Gan, di USButil khan ada menu copy/move.
    Kalo pake menu itu untuk copy/move dari HDD PS2 ke Laptop dan nanti dibalikin lagi dari Laptop ke HDD PS2 pake menu itu bisa gak ya ?
    Jadi teorinya game gak perlu dihapus tapi dipindah ke Laptop, dan kalo nanti butuh lagi tinggal masukin lagi ke HDD PS2 nya tanpa pake ISO. Gmana bisa gak tuh gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa gan, teori ente udah bener tuh. Tapi jgn lupa setiap mengisi game ke HDD PS2 harus di ragmented supaya gk ada game yg error..

      Hapus
  23. Gan di situs www.emuparadise.me file nya sudah berformat iso y? berarti tinggal di copy di hardisk ps 2 y,,,,,, tapi kok ukuran filenya besar banget ada yg nyampe 2,5 gb??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Di emuparadise ada game PS1, PS2 dan game yg lainnya gan, jadi perhatikan saat download game, yg ente download game PS2 bukan. Game PS2 memang berformat ISO. Game PS1 berformat .bin dan .cue
      2. Game PS2 (ISO) tidak bisa dicopy ke hardisk/flashdisk, karena game tidak akan terbaca di PS2. Tetapi harus menggunakan USBUtil untuk mengisi game ke Hardsik PS2
      3. Ukuran game PS2 emang rata-rata besar. Contoh : Guitar Hero 2 berukuran 4,2 GB
      Jika ingin ukuran game yg kecil bisa cari di google game PS2 yg sudah di ripping (diperkecil ukurannya).

      Hapus
  24. Gan ps 2 ane hardisk bisa di ganti pake flashdisk gk dan cara nya gmn y tolong kasih tau donk gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo soal itu ane kurang tau gan. Tapi menurut ane bisa bisa aja karna sama pake media penyimpanan (bukan pake optik lagi). Untuk caranya coba agan cari di google aja..

      Hapus
  25. kalo game nya udah di instal tapi ga ada code region nya di usb util itu bisa gak dimainkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lihat status gamenya gan yg di USBUtil. Klo statusnya "ok" berarti bisa di mainkan.

      Hapus
  26. gan apakah kalau hardisk eksternal saat di isi game gk bisa satu2 alias harus di format dulu?bener gk sh gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk harus di format gan. Game bisa diisi satu-satu kok gan.

      Hapus
  27. Assalamualaikum Wr.Wb
    Gan saya mau tanya,saya kan baru beli flashdisk baru merk Tosiba 8gb karna Flashdisk saya yang satunya sudah penuh,saya mengisi mengunakan kaset DVD ps2 tpi pas proses selesai flashdiflashdiskya cabut kemudian saya pasang lagi kok gamenyagamenyagan Desc gaDesca
    Mohon jawabanya gan Terima Kasih
    Waalaikumsalam Wr.Wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam..
      Maaf gan ane kurang paham sama pertanyaan ente, coba di perjelas lagi.
      dan maaf ane baru sempat balas sekarang.

      Hapus
  28. bro mo tanya apakah hdd tu sama semua cara ngisi,delete dan software gamenya karna ada bnyaknya merek kl gw matrix. sama mo tanya lgi nih bro, game colloseum fight for freedom tu apa ada softfilenya yg bisa disave ma diload waktu maen gamenya soalnya gw maen di dips2 slim hdd? thxs bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, pertanyaan ente seperti berat untuk ane jawab. Hehe
      Semua informasi diatas berdasarkan pengalaman pribadi ane bro.

      1. Untuk cara ngisi dan delete game ane kurang tau bro sama atau berbeda, softwarenya juga berbeda-beda. Tapi yg biasa ane pake untuk isi dan hapus game cuma software USBUtil. PS2 ane juga slim pake Flashdisk toshiba 16 GB.
      2. Soal game colloseum fight for freedom ane kurang tau gan, karna ane gk pernah main game itu.
      Cuma itu yg bisa ane jawab bro :D

      Hapus
  29. bro mo tanya lgi WINHIIP dan USBUtil tu software cara kerjanya sama or beda? thxs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane blom pernah pake WINHIIP bro, yg biasa ane pake cuma USBUtil. Kemungkinan cara kerjanya sama.

      Hapus
  30. bro mo tanya kalo habs download file gamenya terus next apa?kasih step2nya bro..soalnya ane download terus ane extrac jd ada file..yg 1 manx 1,3gb hsil download ma hsil extrac file tu jd 3,3gban

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emg biasanya klo download game berformat winrar 1,5 GB setelah di extract jadi 3 GB, itu file aslinya gan. Setelah di extract biasanya file berformat .iso
      langkah selanjutnya tinggal di isi ke hardisk atau flashdisk dengan USBUtil

      Hapus
  31. Wow, marvelous blog layout! How long have you been blogging for?
    you made blogging look easy. The overall look of your web site is magnificent, let alone the
    content!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you. About 3 years i've been blogging.

      Hapus
  32. I could not refrain from commenting. Very well written!

    BalasHapus
  33. Why users still use to read news papers when in this technological
    world all is accessible on web?

    BalasHapus
  34. gan kok game yang ane udah masukin categori nya bad terus ga bisa di mainkan lagi mohon pencerahan nih supaya status bad nya bisa jadi ok padahal udah di defrag semua nya udah ijo tapi tetep bad knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi karena agan memberi nama gamenya terlalu panjang, coba nama game yg agan isi disingkat.

      Maaf gan baru bls sekarang :)

      Hapus
  35. Gan isi game hardiks ps2 nya pake dvd oti atau bajakan, kalau pake bajakan irit dikit hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau ori atau bajakan gk ada masalah gan. Game download juga bisa gan..

      Hapus
    2. Ok makasih banyak gan.

      Hapus
  36. Bang kalo udh dimasukin gamenya ke usbutil trus udah selesai tapi status gamenya bad bang itu kek mana bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi karena nama game terlalu panjang. coba hapus game yg statusnya bad. terus isi lagi dengan nama game agak disingkat.

      Hapus
  37. Gan misalnya kita udah bisa isi game hardiks, pasti kita cabut dulu kan dari laptop, di eject dulu atau tidak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau ane hardisk yg d connect ke Pc tidak bisa di eject. Jd di cabut aja gk ada masalah.

      Hapus
  38. Oh gitu gan, saya baru tahu, lagi pula saya takut rusak kan lebih baik "bertanya sebelum melalukan" . terima kasih banyak gan

    BalasHapus
  39. gan sy mau tnya.. sy sdh lngsng cba caranya tp gamenya tidak bisa di play.. layar tv nya blank hitam saja..
    itu kenapa ya?

    dan format yg sy beli d tokogame biasanya type file belakangnya itu 00,01,02,dst

    pertnyaan saya apakah bisa kita isi dr format iso kemudian di rubah menjadi format sprti yg sy isi dr tokogame.. thx ya gan sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo agan ikuti cara di atas. Otomatis file iso berubah jadi 00,01,02 dan seterusnya sesuai ukuran game yg diisi

      Hapus
    2. Itu karena gamenya gak support

      Hapus
  40. gan, ane bingung nih... sudah saya format flashdisknya fat32 lalu nanti nyimpannya dimana? diluar saja? gak pake file2 tertentu yang formatnya .elf gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo flashdisknya kosong langsung aja buka software USBUtil --> Create game from ISO --> Kolom "From" = pilih lokasi game dan kolom "To" = pilih Flashdisk yg mau diisi game.

      diatas juga sudah dijelaskan dengan gambar gimana caranya. penyimpanannya di luar saja alias tanpa folder

      Hapus
  41. Mau nanya dong, saya kan udah pernah ngisi di tukang Ps. Pake flash disk, trus ada juga dia ngasih do memori dan disitu namanya Booth,jadi itu Booth maksudnya apa? Dan kalau ngikutin cara Yang punya kamu kira kira bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang paham soal boot. Dan tutorial diatas buat menghapus dan mengisi game bkn utk boot

      Hapus
  42. Mas saya udah coba tapi kok tetep ngga bisa ya?
    Saat selesai create game selasai malah game error, trus tak defrad juga ndak bisa. Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin gamenya gk support gan alias gk cocok untuk dimainkan di Flashdisk atau Hardisk

      Hapus
  43. Thanks gan, ane tes pake laptop windows 10 bisa ane install guilty gear.
    Tips buat yg blank hitan itu kemungkinan besar gamenya emang hak bisa di maknin, ada beberapa game yg emang gak support hdd. Bisa di lihat di forum ps2 ini : http://www.ps2-home.com/forum/page/opl-game-compatibility-list-G

    BalasHapus
  44. gan jika terjadi kesalahan pada pengisian game di flasdisk, dalam proses pengisian sudah mencapa 99% ketika pindah ke 100% . terjadi eror. !!! dan ini detail erornya : game wiht errors, you can : rest. space/try recover.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinannya ada 2 :
      1. Game gk support utk flashdisk atau hardisk
      2. Nama game terlalu panjang

      Hapus
  45. Ass gan ..
    ane mau nanya ni :v , flasdisk pnya ane udh di defrag ni ada 2 game yg warnanya merah tp pas di test yg 1 bisa di maninin/jalan yg 1 lagi blank/macet itu knapa ya Gan .. game iso nya jelek atw gmna ya??


    mohn bantuannya gan ,Makasih :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah di defrag masih ada yg merah gk?
      Kalo setelah di defrag masih ada yg merah, beberapa game memang bisa dimainkan. tapi kerkadang pada saat permainan game macet. Dan ada beberapa game yg blank atau gk bisa dimainkan sama sekali.

      Setelah di defrag tapi masih ada yg merah penyebabnya adalah Flashdisk terlalu penuh, jadi harus ada yg di hapus utk menambah ruang kosong. setelah ada yg di hapus coba defrag lagi. Pasti merahnya hilang.

      Hapus
    2. iya udh di defrag tapi masih merah terus Gan, FDnya masih ada sisa nya skitar 900 mb'an tp itu jg sisa kotak putihnya acak-ackn ad di mana-mana Gan tdk tratur gtu. udh di defrag gtu lg ga rubah2 :V

      Hapus
    3. walaupun sisa 900 MB tetap masih kurang ruang kosong (space) gan. bahkan terkadang butuh space 2 GB seperti di FD saya merk TOSHIBA 16 GB

      Solusinya hapus 1 game yg jarang dimainkan gan..

      Hapus
  46. Mau nanya saya punya hardisk tapi belum ada folder OPL, system, THM, VCM dan lain-lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Copy aja dari Hardisk yg sudah pernah dipakai utk PS2 gan..

      Hapus
  47. Mau nanya saya punya hardisk tapi belum ada folderOPL, system, THM, VCM dan lain-lain

    Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Copy aja dari Hardisk yg sudah pernah dipakai utk PS2 gan..

      Hapus
  48. Balasan
    1. Scan utk game error ya gan? Diatas ada link mendownloadnya gan..

      Hapus
  49. ps ane HD matrix gan, trus ane mau ngisi game lewat FD, yg mau ane tanya, FD ane harus di isi file'' kaya Opl dll kah? Atau cuma gamenya saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan harus di copy folder-folder seperti system, OPL, dll ke FD yg kosong

      Hapus
  50. mau nanya gan. saya download game dari hp android. di hp kebaca filenya .iso tp pas dipindah ke laptop kok jd winrar archive ukuran sama. di usbutil jd g ada. itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di laptop filenya WinRar berarti harus di extract dulu gan biar jadi .iso

      Hapus
  51. nyambung atas gan.masalahnya file itu di emulator ps di android jalan tp pas dipindah laptop jadi winrar archive tp di properties extensinya .iso

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya sih Winrar harus di extract biar jadi .iso

      Coba gini gan, gamenya di rename (rubah nama). belakangnya kasih .iso

      Contoh game Guitar Hero ===>> rubah menjadi Guitar Hero.iso

      Hapus
  52. maaf nanya pak,flashdisk saya awalnya sudah di setting buat main di ps2. klu mau hapus isi game sebelumnya dan isi game yang baru di FD,perlu di setting lagi pak di FD nya? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan panggil saya bapak, saya masih muda..

      Gk perlu di setting . Tinggal hapus game yg lama dengan software USBUtil dan terus diisi dengan game yg baru..

      Hapus
    2. sudah isi game tapi ada game yang macet bg. ini solusi nya analyze aja kan bg? sampai hijau semua?

      Hapus
    3. Iya betul. Di analyze trus di defrag sampai hijau semua. Klo masih ada yg merah setelah di defrag, artinya FD atau HDD kamu terlalu penuh. Coba hapus 1 game yg jarang dimainin, terus coba analyze dan defrag lagi. Mudah mudan bisa...

      Hapus
    4. Msh ada yang merah bg setelah di defrag,sisa 549 MB di FD,nanti saya coba hapus bg

      Hapus
    5. itu artinya FD nya terlalu penuh.. Emang FD nya brp GB?

      PS2 saya juga pake FD TOSHIBA 16GB, setiap saya isi game harus sisa paling sedikit 2-3 GB. Kalau tidak tersisa ruang 2-3 GB, di defrag tetep merah FD saya..

      Hapus
    6. sama pakai FD Toshiba 16GB bg. oohh setidaknya sisa 2 GB ya bg. oke makasih bg,saya coba dlu. makasih banyak bg.

      Hapus
    7. Oke. Sama-sama..
      Semoga berhasil...

      Hapus
  53. bro setelah saya isi gamenya di usbutil ada tulisan status bad...terus saya coba isi dengan nama disingkat hasilny status ok....yg jadi pertanyaan game yang status bad itu harus dihapus?
    cara keluar dari usbutil apa diklik tanda silang atas kanan saja/ada cara yang yang lain? kamsahamnida.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di USButil memang gk bisa nama game terlalu panjang gan, jd harus disingkat.

      Game yg statusnya bad hapus aj gan. Gk bisa dimainkan jg. Bikin penuh FD atau HDD gan..

      Saya biasa klo isi game nama gamenya trlalu panjang dan statusnya bad langsung saya hapus gamenya gan. Terus diisi lg dgn nama disingkat. Setelah itu Flashdisk saya di defrag biar game gk macet..

      Hapus
  54. Gan ini betulkan cara2 isi game ps2nya

    BalasHapus
  55. Gan ane mw nanyak, ane isi game avatar kog statusx eror mulu y,,
    mohon bantuannya ( avatar into the inferno )
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah isi game Avatar into the Inferno. Kalo status error setelah proses pengisian game atau pas awal pengisian, kemungkinan gamenya tdk support utk dimainkan di Flashdisk atau Hardisk.

      Hapus
  56. Gan ane udah isi game.. terus saat dicoba kok cman sampai opening movie aja gak masuk ke gamex, masalahx kira2 apa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gamenya macet ya gan?

      Selesai diisi gamenya uda di analyze pake Auslogics DiskDefrag blm gan? Biasanya klo blom di defrag gamenya macet pas dimainkan..

      Hapus
  57. Udah d defrag tpi nggak bisa, SDH hapus game jga, ane pke flash 32 GB dan free space 4 GB tpi nggak bisa di defrag gan, kira2 gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tetep gk bisa di defrag. Brarti masih kurang free spacenya gan..

      Hapus
  58. Setiap kali di defrag, tulisannya defrag finished tapi tetap masih ada yg merah gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengalaman saya, defrag finished tapi msh ada yg merah itu dikarenakan kurangnya free space..

      Gini aja gan. Coba file game yg tdk trlalu sering dimainkan. pindahkan aja dulu ke laptop. Trus coba defrag lagi Flashdisknya.

      Kita lihat permasalahnya teratasi gak.

      Hapus
  59. Gan mau tanya saya udh ikutin petunjuk di atas tp pas saya coba kok gamenya gak bisa ya mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk bisanya gimana gan?
      Layarnya blank hitam atau macet gan?

      Sudah di defrag blm gan?

      Hapus
  60. Cara koneksiin hardisk ekternal ps2nya ke laptop pake kabel apa namanya ya gan?

    BalasHapus
  61. Gan cara masukin file game iso yg di emuparadise perlu di ubah dulu apa bisa langsung masukin aja ke HDD

    Di copy paste

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa dicopy paste gan..

      Game yg didownload dari emuparadise biasa'a berformat .7z jadi harus di extract dulu menjadi file .iso

      Setelah itu file .iso diisi ke hdd dengan menggunakan software USBUtil. Lihat tutorial diatas cara mengisi game ke hdd..

      Hapus
  62. gan ane udh ikutin petunjuk trus pas mau dimainin gamenya cuma blank hitam aja, udah ane defrag cuma gak hijau semua yang pas di game yang ane tmbhin itu merah gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masih merah setelah di defrag brerarti kurang space atau ruang kosong. Jadi harus ada yg di hapus utk menambah space. Stelah itu coba defrag lagi..

      Hapus
  63. Gan kalo memindah game dari hardisk ke flashfisk bisa gak, mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan.. Tapi kalo flashdisknya kosong (baru) harus diisi dengan folder seperti THM, SYSTEM, OPL dan yg lainnya gan..

      Hapus
  64. Gan sy mau tanya misalnya, ini kan sy udah bs import game ke dalam HDD, status di USBUTIL sudah ok, terakhir sy import bad terus statusnya, sy cb ganti nma agak pendek berhasil, di load ul.cfg game sudah ke baca, sudah sy rename game nya sesuai nama game nya, ini berati tinggal copas aja ke FD ya? soalnya ini kan aku ada ps2 slim, pke hdd ekstrnal, cmn hdd lama yg dulu ada game nya corrupt, gk bs di load, ini pke hdd bru, kosongan, tinggal msukin semua file hsil import ke dlam hdd aja kan? terus colok ke ps2, nyalaiin? ane lg di luar kota, ps di rumah hahaha balik minggu depan mknya gk bs lngsung cba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Copy aja semua file dari hhd lama ke hhd baru gan. File game dan folder seperti THM, SYSTEM, OPL dan lainnya jgn ada yg tertinggal..

      Setelah di copy ke hdd baru coba buka USBUtil dan open ul.cfg yg di hdd baru gan. Game ada yg error gk. Dan jgn lupa di defrag biar gk ada game yg macet..

      Hapus
    2. siap gan, ane cb dlu ya.. iya sy jg bngung soalnya itu file2 dri hdd lama sprti yg agan bilg tdi ikut copas aja atau polosan aja file game sm ul.cfg aja..

      Hapus
    3. Dicopy semua file game dan foldernya gan.

      Nanti klo ada kendaka komen lagi aja gan..

      Hapus
  65. Kak, kan saya PS-nya Matrix. Terus katanya kalau isi game baru, game yang sebelumnya harus dihapus dulu ya? Apa bisa tidak usah dihapus semua. Tinggal masukin gamenya saja?

    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja game yg lama gak di hapus asal hardisknya masih cukup utk isi game yg baru. Kalo hardisknya penuh ya harus ada game yg di hapus, baru bisa isi game yg baru..

      Hapus
  66. Gan klo load di usbutil emang lama ya ?.saya load daftar game saya g muncul"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk ah gan. Saya biasa load daftar game 1 detik uda muncul daftar gamenya..

      Hapus
  67. Bang, klo HDD nya pake bekas PC, trus sy pake casing hardisk 3,5 apakah bisa untuk pa 2

    BalasHapus
  68. Bang, klo HDD nya pake bekas PC trus sy pake casing hardisk 3,5 apakah bisa untuk PS 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk pernah coba gan :D

      Mungkin bisa, yg penting format HHD nya FAT32. Selain FAT32 gk akan kebaca di PS

      Hapus
    2. Ok thanks Infonya y, nanti says coba

      Hapus
  69. Gan, kok gk bisa kebaca y gamenya, emangnya harus pake apasih WinRAR atau power iso sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Format Hardisknya sudah FAT32 belum gan. Klo belum gk akan kebaca di PS.

      Terus kalo hardisknya baru pertama kali isi game, harus ada folder system, THM dll gan.

      Hapus
  70. Bro numpang nanya, kmaren gw udah ikutin caranya di kantor, cuma kebetulan lupa bawa flashdisk, jd gw pake usb util nya ke folder biasa dulu di D, besoknya gw copy tu file yg udah format SLUS dan SLES ke flashdisk, pas dirumah gw coba gabisa.. apa usb utilnya harung langsung ke Flashdisk ya? sama satu lg, gw install game di toko PS pake flasdisk jg, begitu iseng gw buka flashdisknya pake laptop di situ ada folder system sama autorun, itu perlu ga bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flashdisk baru atau lama bukan jadi masalah,,

      Yang harus diperhatikan :
      1. Flashdisk harus format FAT32
      2. Harus ada folder system, dan folder lainnya.

      Hapus
  71. Saya pake flashidk yang 16gb tapi saya mau format memorinya cuma 8mb itu gimana ya cara nya

    BalasHapus

Komentar anda menunggu persetujuan untuk ditampilkan.